Kamis, 13 Desember 2012

analisis perkembangan perekonomian dunia




PERKEMBANGAN PEREKONOMIAN DUNIA
Membandingkan pendapatan perkapita secara metodelogis antara negara jerman dan inggris
Dilihat dari aspek :
1.       Sejarah
2.       Keadaan politik
3.       Teknologi
4.       Kebudayaan
5.       Perekonomian
6.       Jumlah angka pengangguran

JERMAN DAN INGGRIS
1.    Sejarah

a.       Sejarah jerman.
Rebublik federal jerman adalah suatu negara berbentuk federasi di eropa barat. Negara ini memiliki posisi ekonomi dan politik sangat penting di eropa maupun di dunia. Dengan luas 357021 kilometer persegi (kira-kira dua setengah kali pulau jawa ) dengan penduduk sekitar 82 juta jiwa, negara dengan 16 negara bagian ini menjadi anggota kunci organisasi uni eropa ( penduduk terbanyak ). Penghubung transportasi barang dan jasa antar negara sekawan dan menjadi negara dengan penduduk imigran ketiga terbesar di dunia.
Dengan total penduduk sekitar 81,7 (tahun 2009 ) jerman adalah negara ke-15 terbanyak penduduknya di dunia. Sejak 2003 total penduduk jerman berkurang secara lambat meskipun negara ini masih menerima imigran. Ke enggana keluarga jerman untuk memiliki anak dan naiknya angka kematian menjadi sebab yang sering ditunjuk untuk keadaan ini.
b.      Sejarah inggris

Inggris adalah sebuah negara yang merupakan bagian dari Britania Raya. Negara ini berbatasan dengan Skotlandia di sebelah utara dan Wales di sebelah barat, Laut Irlandia di barat laut, Laut Celtic di barat daya, serta Laut Utara di sebelah timur dan Selat Inggris di sebelah selatan, yang memisahkannya dari benua Eropa. Sebagian besar wilayah Inggris terdiri dari bagian tengah dan selatan Pulau Britania Raya di Atlantik Utara. Inggris juga mencakup lebih dari 100 pulau-pulau kecil seperti Isles of Scilly dan Isle of Wight

2.       Keadaan politik

a.       Keadaan politik jerman
Jerman adalah negara demokrasi parlamenter. Pemerintahan sehari-hari dipegang oleh seorang konselir yang berperan sebagai perdana menteri di negara lain dengan bentuk pemerintahan serupa. Terdapat enam partai politik utama di jerman, dengan tiga yang terbesar (dua diantara nya membentuk koalisasi permanen ) yaitu SPD (demokrat sosial, berhaluan kiri progresif ) dan CDU / CSU (kristen demokrat / sosialis yang berhaluan kanan konservatif ). Partai-partai lainnya adalah FDP (demokrat liberal), bundris go / die grune (kiri hijau), dan linke (berhaluan kiri merupakan gabungan dari partai komunis dan pecahan SPD).
Jabatan presiden lebih banyak bersifat seremonial, meskipun ia dapat menyetujui atau tidak

b.      Keadaan politik inggris
Kerajaan Inggris merupakan negara demokrasi dengan sistem parlementer yang menganut paham liberal. Paham ini mendasarkan dan mengutamakan kebebasan individu yang seluas-luasnya. Sistem politik Inggris ini kemudian banyak dipraktekkan pula di negara-negara Eropa Barat.
Raja atau ratu merupakan simbol keagungan, kedaulatan, dan persatuan negara yang senantiasa dibanggakan. Adat dan tradisi masih tetap dipegang teguh. Kekuasaan pemerintah terdapat pada kabinet (perdana menteri beserta para menteri), sedangkan raja atau ratu hanya sebagai kepala negara.
Sehari-hari, pemerintahan dijalankan oleh Perdana Menteri, yang dipegang oleh partai pemenang pemilihan umum. Namun demikian, ada partai oposisi sebagai pendamping.
Meski berbentuk kerajaan, demokrasi tetap tumbuh di Inggris karena berubahnya monarki absolut di Inggris menjadi monarki konstitusional. Dalam sistem monarki konstitusional, raja atau ratu diberikan tempat terhormat, namun tidak lagi mempunyai kekuatan politik. Monarki konstitusional memperkecil peranan raja atau ratu di bidang politik dan memperbesar kekuasaan perdana menteri dan parlemen



3.       Teknologi

Teknologi jerman
               berikut 3 teknologi yang baru diproduksi jerman :
1.       Scanner  3 dimensi murah
Ini merupakan produksi terbaru yang baru dikeluarkan jerman, produk ini sangat murah jika dibandingkan dengan produk sejenis yang memasang harga puluhan bahkan ratusan juta rupiah, produk ini hanya Rp 6,2 juta. Produk ini sangat berguna  profesi desain grafis  dan animator
2.       Radio internet untuk mobil yang pertama di dunia
Ini merupakan alat yang bisa disambungkan HP 3G untuk koneksi internet. Harga nya sekitar $400 dan menyediakan  10 ribu lebih stasiun radio internet
3.       Add on handphone untuk bicara terenskripsi
Awalnya alat ini hanya dipakai untuk militer, tetapi sekarang sudah ada dipasaran. Alat ini dipasang di dua handphone yang akan ingin di enkripsi

Teknologi inggris

Teknologi yang baru saja diluncurkan inggris yaitu tempat sampah pintar berteknologi
(smart bin ). Smart Bin memiliki dual-screen LCD Display dan terintegrasi
konektivitas Wi-Fi. yang akan membuatnya menjadi wireless hotspot untuk masyarakat
sekitarnya. Laya
atau LCD Display pada Smart Bin ini juga berfungsi atau dapat menampilkan berit
dunia dari para ahli ekonomi dan juga harga saham saat ini. Sungguh tempat sampah
yang 'serba bisa'.
Di kota London baru ada sekitar 25 unit Smart Bin yang ditempatkan. Dan pemerintah Inggris berjanji akan menempatkan 75 unit Smart Bin lainnya di seluruh kota. Diharapkan Smart Bin akan tersebar sebelum berlangsungnya Olimpiade London pada tahun 2012 ini.


4.    Kebudayaan

a.       Kebudayaan di jerman
            urusan kebudayaan di Jerman merupakan hal yang tidak dapat atau tidak perlu ditangani oleh seluruh bangsa. Sejak era Kaisar Wilhelm pada akhir abad ke-19, kebudayaan Jerman sebagai ungkapan nasion Jerman sudah dicurigai sebagai keangkuhan. Musibah nasionalsosialisme kemudian mencetuskan orientasi baru yang dilaksanakan secara konsekuen. Seusai Perang Dunia II, orang menyadari bahwa Jerman hanya dapat kembali ke komunitas bangsa sedunia apabila dihindarinya kesan adanya semangat budaya nasional yang berlebihan. Dengan mempertimbangkan hal itu juga, pada saat pendirian Republik Federal Jerman tahun 1949 orang mengingat tradisi federalistis dan menyerahkan kewenangan budaya kepada negara bagian. Baru sejak tahun 1999 terdapat menteri negara kebudayaan dan media pada Kekanseliran Federal. Sejak waktu itu ada satu dan lain urusan budaya yang kembali diang­gap sebagai hal yang menyangkut seluruh bangsa.

b. kebudayaan inggris
beberapa budaya yang samapai sekarang masih dilestarikan masyarakat inggris :
1.       Tidak boleh menerobos antrian. Orang Inggris punya budaya antri yang bagus.
2.       Tidak boleh menanyakan umur seorang wanita. Ya, orang Inggris sangat tidak suka membahas umur seorang wanita dan gaji seorang pria. Bahkan berapa harga perabot yang dibeli di rumahnya juga tidak pantas untuk ditanyakan.
3.       Saat berbelanja tidak boleh menekan harga. Sangat tabu bagi orang Inggris untuk melakukan tawar menawar dalam berbelanja. Mereka menganggap ini hal yang memalukan. Umumnya ketika harga cocok mereka akan beli dan ketika merasa kemahalan mereka akan pergi begitu saja dan tidak melakukan tawar menawar.

5.   Perekonomian
a.    Jerman
          Jerman merupakan perekonomian nasional terbesar di Uni Eropa (UE) dan yang keempat terbesar di dunia. Dengan produk domestik bruto (PDB) tertinggi dan jumlah penduduk terbesar di UE, Jerman adalah pasaran terpenting di UE. PDB-nya berjumlah 2.407,2 miliar Ero (2009)
bidang usaha yang penting di jerman adalah Produksi mobil, konstruksi mesin, elektroteknik, kimia, teknologi lingkungan, mekanika halus, optik, teknik kedokteran, bioteknologi, teknologi gen, teknologi nano, teknologi penerbangan dan antariksa, logistik. Selain itu jerman juga memiliki prasarana berstandar tinggi yang dikembangkan secara dinamis. Panjang rel kereta api 41.000 km , jalan umum sekitar 230.000 km, jaringan telepon dan komunikasi jerman tergolong yang paling modern di dunia

b.   Inggris
          Sektor perekonomian penting di Inggris antara lain: industri, pertambangan, pertanian, peternakan, perikanan.

1. Subsektor pertanian, peternakan, dan perikanan
Sektor pertanian mengalami masalah di dalam peningkatan produktivitasnya, karena menyempitnya lahan pertanian yang terdesak oleh perkembangan industri yang pesat.
Akhirnya pengembangan pertanian melalui usaha intensifikasi pertanian dan mekanisasi. Jenis hasil pertanian yang diusahakan ialah gandum, padi-padian, buah-buahan, gula, dan sayur-sayuran. Akibat tidak mencukupinya kebutuhan dalam negeri, maka kekurangan produksi gandum didatangkan dari Australia sebagai negara bekas jajahannya.


2. Subsektor pertambangan dan industri
Awalnya Inggris cukup kaya dengan barang tambang khususnya batu bara, dan di dunia merupakan negara penghasil batu bara terbesar ketiga setelah Amerika Serikat dan Rusia. Deposit yang besar dan kualitas batu bara yang bernilai baik mendorong Inggris mengekspornya ke negara lain, dan termasuk salah satu negara pengekspor batu bara terbesar.

Akibat eksploitasi besar-besaran saat ini persediaan batu bara di Inggris mengalami penurunan. Nampaknya ke depan Inggris tidak dapat lagi bergantung pada batu bara sebagai sumber energinya. Oleh karena itu, orientasi Inggris saat ini ialah pada penambangan minyak dan gas bumi di Laut Utara.

Hasil tambang lainnya ialah bijih besi, timah hitam, tembaga yang dihasilkan di pegunungan Pennine, Pegunungan Cambrian dan Midlands, sedangkan seng dan mangan di Pegunungan Pennine dan Cambrian. Minyak bumi di wilayah Scotlandia, dan saat ini dikembangkan eksplorasi dan ekspoitasi di Laut Utara. Pusat penyulingan minyak buminya di Aberdeen, Grangemoth dan Dundee
Pada sektor industri, Inggris telah lama berkembang dan termasuk negara terkemuka di Eropa. Jenis industri penting dan merupakan produk ekspor Inggris, yaitu baja, kapal laut, mobil, kereta api, tekstil, pesawat terbang, alat pertanian, barang elektronika.


6.  Tingkat pengangguran

a.  Tingkat pengangguran di jerman
Tingkat pengangguran Jerman turun di bawah 7% pada bulan Mei karena kinerja perekonomian terbesar di Eropa ini membaik meskipun masih banyak masalah di zona euro.
Departemen Ketenagakerjaan Jerman melaporkan tingkat pengangguran turun menjadi 6,7% pada bulan Mei dari April sebesar 7%. Jumlah penganggur di Jerman berkurag 108.000 orang menjadi 2,86 juta orang.

b. Tingkat pengangguran di inggris
    Pada awal 2012 di inggris tingkat pengangguran telah naik menjadi 8,4 persen. Sementara jumlah penduduk yang mengajukan klaim tunjangan pengangguran meningat dalam 10 bulan terakhir menjadi 1,6 juta jiwa.
Jumlah pengangguran berdasarkan penghitungan standar International Labour Organization atau ILO naik sekitar 118.000 dalam awal tahun menjadi 2,68 juta jiwa. Lalu jumlah penduduk yang bekerja meningkat 18.000 jiwa menjadi 29,12 juta jiwa, employment rate turun menjadi 70,3 dari 7,4. Ini merupakan tingkat pengangguran tertinggi dalam 16 tahun terakhir di Inggris.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar