Kamis, 13 Desember 2012

analisis kedatangan hillary clinton ke indonesia




1. Analisis dampak stabilitas ekonomi nasional setelah datangnya hillary Clinton

Hillary Clinton menlu AS mengunjungi Indonesia pada awal September yang lalu. Mengenai kedatangan ke Indonesia mendapatkan sambutan kurang hangat di mata masyarakat Indonesia, hal ini di karenakan banyak isu yang mengatakan bahwa kedatang Hillary ke Indonesia akan membicarakan masalah tambang Freeport di papua yang kabar nya kontrak kerja sama itu akan berakhir tahun 2014 nanti. Freeport merupakan tambang emas yang terbesar di dunia dengan luas sekitar 527.400 hektar, mempunyai kandungan emas sebanyak kurang lebih 1.444 ons atau sekitar 40.396 kg yang sekarang dijalankan oleh AS .
Mengenai apapun agenda yang akan dibicarakan nanti nya, semua masyarakat Indonesia khususnya masyarakat papua ingin pemerintah melakukan renegosiasi kontrak kerja yang akan berakhir ini, masyarakat sangat berharap pemerintah dapat menegaskan mengenai system bagi hasil Freeport. Karena isu banyak menegaskan kalau Freeport tidak memberikan dampak yang kurang bagus bagi masyarakat khusus nya papua. Hal ini terlihat masih banyak nya masyarkat papua yang miskin dan tidak diberikan kemewahan sementara tambang emas itu sendiri ada ditanah mereka.

2. Analisis dampak stabilitas ekonomi internasional setelah datangnya Hillary Clinton ke indonesia

Mengenai dampak stabilitas ekonomi internasional setelah datang nya Hillary Clinton ke indnesiao, orang nomor 2 di partai democrat setelah barac obama yang jelas Hillary menungkapkan antara lain agar Indonesia tetap mewaspadai terorisme, mendukung keketuaan Indonesia dalam ASEAN yang sedang menghadapi sengketa Laut China Selatan, serta peran Indonesia dalam ekonomi regional maupun internasional, khususnya dukungan penurunan tarif produk dan jasa yang masuk kategori produk ramah lingkungan dalam pertemuan APEC di Vladivostok, Rusia.
Bukan tidak mungkin sebenarnya Amerika sedang mendekati Indonesia untuk kepentingan tertentu. Sebab, jika dirunut isu-isu yang disinggung Hillary merujuk kepada China. Sebut saja sengketa Laut China, di mana China tengah memperebutkan sebuah pulau yang dipercaya memiliki kekayaan migas dan biota laut. Hillary pun menyerukan agar ASEAN harus menunjukkan persatuan di hadapan China, dengan mengedepankan code of conduct.

Begitu juga dengan dukungan penurunan tarif produk dan jasa, serta produk ramah lingkungan dalam pertemuan APEC. Sebab, isu tersebut sebenarnya adalah isu sensitif di mana hingga kini belum mencapai kata kesepakatan. Yang mewaspadai isu tersebut adalah China. Sebab, China merupakan produsen massal barang-barang di dunia, namun masih tersandung isu standar mutu kualitas barang.

c. kesimpulan
mengenai kedatangan Hillary ke Indonesia Tak hanya membawa kepentingan ekonomi, mengamankan investasi AS di Indonesia. Namun, dia juga membawa kepentingan misi internasional, seperti penanganan konflik Laut China Selatan, yang merupakan isu prioritas Hillary.
pandangan pakar ekonomi dan masyarakat Indonesia kurang bagus karena menurut mereka Hillary hanya ingin mengambil keuntungan dan memanfaatkan Indonesia dikarenakan Indonesia mempunyai kekayaan alam yang luas seperti tambang emas di papua . tetapi semua masyarakat sangat mengharapkan agar pemerintah dapat melakukan renegosiasi system bagi hasil mengenai tambang emas Freeport yang dipegang oleh Indonesia. Hal ini agar masyarakat papua khusus nya dapat menikmati juga kekayaan alam yang dimiliki nya bukan hanya dapat ampas nya saja yang mereka rasakan saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar