Kamis, 22 November 2012

Artikel 1 : masalah pokok perekonomian indonesia

Masalah yang paling pokok di indonesia yaitu pengangguran. Jumlah angka pengangguran di indonesia telah mencapai 9 juta jiwa. Dan ini merupakan angka yang sangat besar. Banyak penyebab yang membuat indonesia belum bisa menangani masalah ini, misalnya jumlah masyarakat yang sangat banyak sementara lapangan pekerjaan yang tersedia sangatlah sedikit, selain itu sumber daya manusia yang kurang berkualitas sehingga sulit untuk memasuki lapangan pekerjaan tertentu. Dan ada hal yang paling menarik lagi yaitu meningkatnya peranan wanita dalam struktur angkatan kerja.
...
Pengangguran mempunyai dampak yang tidak baik dalam perekonomian negara, salah satu nya yaitu pengangguran tidak akan mengalakkan pertumbuhan ekonomi, hal ini disebabkan karena dengan ada nya pengangguran tentunya daya beli masyarakat akan berkurang sehingga permintaan akan barang produksi juga akan berkurang. Keadaan seperti ini tidak akan merangsang kalangan investor untuk melakukan perluasaaan atau mendirikan perindustriaan baru, nah dengan demikian tentu nya tingkat investasi juga akan menurun sehingga pertumbuhan ekonomi pun tidak akan terpacu.
Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi pengangguran, misalnya : dengan lebih meningkatkan pendidikan dan meningkatkan kualitas SDM agar dapat bekerja sesuai dengan yang dibutuhkan suatu perusahaan atau lapangan pekerjaaan tertentu. Selain itu pengangguran juga dapat dibatasi dengan menumbuhkan jiwa wirausaha dalam diri, sehingga dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar